EFEKTIVITAS METODE
PEMBELAJARAN GOTONG ROYONG (COOPERATIVE
LEARNING) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI PELAJARAN MATEMATIKA
LATAR BELAKANG
-
Salah satu faktor yang dapat
berpengaruh buruk terhadap prestasi matematika siswa adalah kecemasan.
-
Berdasarkan hal ini peneliti tertarik
untuk melakukan eksperimen untuk mengetahui apakah metode belajar tertentu
dapat mengatasi kecemasan dalam belajar matematika
TEORI
-
Stodolsky 1985, menyatakan bahwa metode
pembelajaran gotong royong (cooperative learning) dapat menurunkan kecemasan
siswa terhadap mata pelajaran ilmu pengetahuan dan matematika.
-
Ada juga hasil penelitian oleh Okebula
1986 bahwa kecemasan siswa dapat menurun ketika diciptakan kondisi belajar yang
menyenangkan, bebas dari rasa tegang, dan adanya rasa saling mempercayai antara
satu dengan yang lainnya.
METODE PENELITIAN
-
Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan skala kecemasan.
-
Observasi yang dilakukan adalah
observasi non-partisipan.
Hasil dan Kesimpulan
-
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
pemberian perlakuan berupa Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative
Learning) terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika.
Ada perbedaan kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika pada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
-
Kelompok eksperimen yang mendapat
perlakuan mengalami penurunan skor kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran
matematika, sedangkan kelompok kontrol tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar